MAKALAH PENGANTAR BISNIS " SEGMENTASI PASAR "


MAKALAH PENGANTAR BISNIS
“ SEGMENTASI PASAR “









 

Nama : Tamara Istyqomalasari
NPM : 26218968
Kelas : 1EB01











KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, taufiq serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah untuk memenuhi tugas mata kuliah pengantar bisnis, yang berjudul Mengidentifikasi segmentasi pasar dan  pasar sasaran (study kasus pada The Javana). Tanpa pertolongan Allah SWT mungkin saya tidak akan sanggup menyelesaikan tugas saya dengan baik. Semoga makalah yang telah saya buat ini dapat bermanfaat dan menjadi bahan informasi pada masa yang akan datang. Terimakasih.














DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR…………………………………………………….......
DAFTAR ISI……………………………………………………………........

BAB I PENDAHULUAN………………………………………………........
1.1           1.1Latar Belakang……………………………………………………............
1.2           1.2Manfaat……………………………………………………………...........
1.3           1.3Tujuan……………………………………………….................................

BAB II PEMBAHASAN………………………………………………….....
2.1 Studi Kasus Teh Javana……………………………………………….....
2.2 Segmentasi Pasar…………………………………………………….......
2.3 Sasaran Pasar………………………………………………………….....

BAB III PENUTUPAN…………………………………………………........
3.1 Kesimpulan…………………………………………………………........
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………….......









BAB 1
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang

Suatu perusahaan dikatakan berhasil mengembangkan produk jika perusahaan mampu mengidentifikasi kebutuhan konsumen secara tepat dan menciptakan produk secara cepat dengan biaya yang murah. Setiap perusahaan menyadari bahwa perusahaan tidak dapat memenuhi keinginan semua pembeli di pasar atau setidaknya tidak bagi semua pembeli dengan cara yang sama. Dengan jumlah pembeli yang terlalu banyak, terlalu luas, dan memiliki kebutuhan dan praktek pembelian yang terlalu beragam, perusahaan harus mengidentifikasi bagian pasar yang dapat dilayaninya dengan baik dan paling menguntungkan.
Perusahaan juga harus merancang strategi pemasaran yang nantinya akan digerakkan pelanggan dan membangun hubungan yang benar dengan pelanggan yang tepat. Untuk memenangkan persaingan tidak hanya sebatas menyusun bauran pemasaran sebagai taktik namun lebih dari itu juga menyusun strategi yaitu segmenting, targeting market, dan positioning yang diinginkan oleh perusahaan.

1.2   Manfaat

1.        Agar pembaca dapat menambah pengetahuan mengenai cara untuk menentukan segmentasi pasar dan target pasar.
2.        Untuk digunakan sebagai bahan pokok dalam membuat suatu usaha atau bisnis dibidang pemasaran agar sesuai dengan segmentasi pasar yang diinginkan konsumen.

1.3 Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui segmen  pasar dan pasar sasaran yang dituju Teh Javana







BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Studi Kasus Teh Javana

Teh Javana merupakan teh siap minum dalam kemasan botol plastik 350 ml yang diproduksi dari daun teh berkualitas ekspor. Dengan tagline ‘Cita Rasa Teh Indonesia’, teh Javana menawarkan rasa teh khas Indonesia. Teh kualitas terbaik yang dulu khusus dipersembahkan untuk jamuan minum teh para raja dan diekspor ke seluruh dunia itu kini dapat dinikmati semua kalangan masyarakat Indonesia. Inilah yang menghasilkan cita rasa khas teh Javana
Menyasar seluruh segmen dengan segala usia seperti segmen youth, profesional muda, dan keluarga. Teh Javana memilih melakukan  pendekatan awal kepada segmen youth. Untuk itu, Teh Javana menggelar program bertajuk “Gebyar Teh Javana Kebanggaanku”. Pada rangakaian kegiatan itu, Teh Javana menggandeng sejumlah komunitas. Di antaranya, Komunitas Historia Indonesia lewat talkshow tentang Potensi Indonesia Mendunia, Komunitas iPhonesia lewat workshop Smartphonegraphy, dan talkshow Comic Javana dengan Komunitas re:ON Comic. Selain itu, Teh Javana juga massif melakukan pendekatan ke mahasiswa lewat program roadshow workshop jurnalistik di delapan kampus di Jakarta.
Teh Javana juga menggelar kampanye ‘Mana Indonesiamu’ lewat kontes digital. Kampanye “Mana Indonesiamu” adalah gerakan untuk mengajak Javanatics mereka yang berpartisipasi untuk mengumpulkan cerita, tulisan, quote, foto, video dan segala bentuk ungkapan positif lainnya mengenai potensi Indonesia yang tanpa disadari telah diakui dunia Internasional selama ini.
Pasar minuman siap saji sendiri terbagi dari tiga segmen, volume 500 milimeter, 350 milimeter dan 200 milimeter. Namun dari ketiga segmentasi tersebut segmen 350 milimeter yang dinilai paling gemuk. Pemainnya berjumlah 12 merek, jauh lebih banyak dibandingkan segmen 500 milimeter (sembilan merek) dan segmen 200 milimeter (tiga merek).
Walaupun usia Teh Javana ini masih terbilang sangat muda, namun dalam perkembangannya Teh Javana mampu melaju dengan pesatnya. Banyak faktor yang menyebabkan laju pertumbuhan Teh Javana, seperti kebutuhan masyarakat akan minuman yang segar dan berkualitas, cara pemasaran Teh Javana yang sangat menyentuh rasa bangga kita akan  budaya dan potensi yang ada di Indonesia, dan juga pendistribusian Teh Javana yang masuk dalam ‘kandang’ yang banyak sekali ‘pemainnya’.
Teh Javana dibanderol dengan harga pasar Rp 3.000 untuk area di Pulau Jawa dan secara berkala telah didistribusikan ke seluruh Indonesia. Dengan pemanfaatan teknologi dan sumber daya dari hulu ke hilir, efisiensi  produksi pun dapat tercipta sehingga produk WIngs Food ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

2.2 Segmentasi pasar
      Segmentasi adalah upaya memetakan atau pasar dengan memilah-milahkan konsumen sesuai persamaan di antara mereka. Pemilahan ini bisa berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk. Variabel utama segmentasi adalah: Segmentasi Geografis, Segmentasi Demografis, dan Segmentasi Psikografis :
1.     Segmentasi Geografis : Pada segmentasi geografis ini produk teh Javana terdapat di  berbagai tempat di Indonesia. Kita dapat menjumpai produk Teh Javana tidak hanya di perkotaan tetapi juga di pinggiran kota  bahkan produk Teh Javana sudah sampai di pedasaan.
2.     Segmentasi Demografis : Pada segmentasi demografis dapat berupa umur, jenis kelamin, keluarga, pekerjaan, dan pendapatan. Produk Teh Javana dapat ditujukan untuk semua kalangan, jenis kelamin, dan usia. Baik 10 wanita maupun pria dapat mengkonsumsi produk Teh Javana. Setiap kalangan usia juga dapat mengkonsumsi Teh Javana, kecuali kalangan usia bayi.
3.     Segmentasi Psikografis : Pada segmentasi psikografis produk teh javana yaitu segi lifestyle, target audience-nya adalah masyarakat yang aktif, dinamis, dan memiliki mobilitas yang tinggi dan membutuhkan kepraktisan dalam mengkonsumsi minuman yang baik dan sehat untuk tubuh.


2.3 Sasaran Pasar
 
Pasar Sasaran (Target pasar) pada produk Teh Javana dapat kita lihat berdasarkan iklan dan promosi dari produk tersebut. Dapat kita lihat bahwa untuk saat ini target pasarnya cenderung kepada mahasiswa yang aktif dan dinamis. Hal ini dapat terlihat dari gerakan kampanye Mana Indonesiamu yang dilakukan disaat launching hingga sekarang telah mendapatkan respon positif.

Selain itu iklan Teh Javana lebih menekankan pada kekayaan alam Indonesia dalam hal ini yang disoroti adalah hasil perkebunan teh sehingga banyak menonjolkan bahwa produk tersebut diperuntukkan kepada masyarakat penikmat teh dalam negeri sehingga menumbuhkan rasa bangga pada negeri sendiri. Dari segi lifestyle, target audience-nya adalah masyarakat yang aktif, dinamis, dan memiliki mobilitas yang tinggi dan membutuhkan kepraktisan dalam mengkonsumsi minuman kemasan dengan kualitas terbaik











BAB III
PENUTUPAN

3.1 Kesimpulan
Dengan persaingan pasar yang semakin ketat pemilihan segmentasi pasar dan penentuan sasaran pasar sangat berperan sekali dalam proses penjualan  produk. Hal ini juga sangat diperhatikan pada Teh Javana. Dapat kita ketahui  bahwa teh javana merupakan produk teh siap saji yang baru dirilis akhir tahun 2014.
Segmen yang dituju oleh Teh Javana adalah semua kalangan baik segala umur, jenis kelamin, segala profesi dan seluruh lapisan masyarakat. Dengantagline “Cita Rasa Teh Indonesia” mampu menarik hati penikmat teh untuk mengkonsumsinya.
Promosi yang dilakukan untuk membidik pasar (target pasar/pasar sasaran), Teh Javana menggelar kampanye “ManaIndonesiamu” yang bertujuan untuk mengenalkan potensi dan kekayaan Indonesia kepada dunia. Kampanye “ManaIndonesiamu” adalah gerakan untuk mengajak masyarakat untuk mengumpulkan cerita, tulisan, quote, foto, video dan segala bentuk ungkapan  positif lainnya mengenai potensi Indonesia yang tanpa disadari telah diakui dunia Internasional selama ini.








DAFTAR PUSTAKA



Komentar

Postingan Populer