MAKALAH PENGANTAR BISNIS " SEGMENTASI PASAR "
MAKALAH PENGANTAR BISNIS
“ SEGMENTASI PASAR “
Nama : Tamara Istyqomalasari
NPM : 26218968
Kelas : 1EB01
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT
yang telah memberikan rahmat, taufiq serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat
menyelesaikan penyusunan makalah untuk memenuhi tugas mata kuliah pengantar
bisnis, yang berjudul Mengidentifikasi segmentasi pasar dan pasar sasaran (study kasus pada The Javana).
Tanpa pertolongan Allah SWT mungkin saya tidak akan sanggup menyelesaikan tugas
saya dengan baik. Semoga makalah yang telah saya buat ini dapat bermanfaat dan
menjadi bahan informasi pada masa yang akan datang. Terimakasih.
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR…………………………………………………….......
DAFTAR ISI……………………………………………………………........
BAB I
PENDAHULUAN………………………………………………........
1.1
1.1Latar
Belakang……………………………………………………............
1.2
1.2Manfaat……………………………………………………………...........
1.3
1.3Tujuan……………………………………………….................................
BAB II
PEMBAHASAN………………………………………………….....
2.1 Studi Kasus
Teh Javana……………………………………………….....
2.2 Segmentasi
Pasar…………………………………………………….......
2.3 Sasaran
Pasar………………………………………………………….....
BAB III
PENUTUPAN…………………………………………………........
3.1
Kesimpulan…………………………………………………………........
DAFTAR
PUSTAKA…………………………………………………….......
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Suatu perusahaan dikatakan berhasil mengembangkan produk jika perusahaan
mampu mengidentifikasi kebutuhan konsumen secara tepat dan menciptakan produk
secara cepat dengan biaya yang murah. Setiap perusahaan menyadari bahwa
perusahaan tidak dapat memenuhi keinginan semua pembeli di pasar atau
setidaknya tidak bagi semua pembeli dengan cara yang sama. Dengan jumlah
pembeli yang terlalu banyak, terlalu luas, dan memiliki kebutuhan dan praktek
pembelian yang terlalu beragam, perusahaan harus mengidentifikasi bagian pasar
yang dapat dilayaninya dengan baik dan paling menguntungkan.
Perusahaan juga harus merancang strategi pemasaran yang nantinya akan
digerakkan pelanggan dan membangun hubungan yang benar dengan pelanggan yang
tepat. Untuk memenangkan persaingan tidak hanya sebatas menyusun bauran
pemasaran sebagai taktik namun lebih dari itu juga menyusun strategi yaitu
segmenting, targeting market, dan positioning yang diinginkan oleh perusahaan.
1.2 Manfaat
1.
Agar
pembaca dapat menambah pengetahuan mengenai cara untuk menentukan segmentasi
pasar dan target pasar.
2.
Untuk
digunakan sebagai bahan pokok dalam membuat suatu usaha atau bisnis dibidang
pemasaran agar sesuai dengan segmentasi pasar yang diinginkan konsumen.
1.3 Tujuan
Tujuan dari penulisan
makalah ini adalah untuk mengetahui segmen
pasar dan pasar sasaran yang dituju Teh Javana
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Studi Kasus Teh Javana
Teh Javana merupakan teh
siap minum dalam kemasan botol plastik 350 ml yang diproduksi dari daun teh
berkualitas ekspor. Dengan tagline ‘Cita Rasa Teh Indonesia’, teh Javana
menawarkan rasa teh khas Indonesia. Teh kualitas terbaik yang dulu khusus
dipersembahkan untuk jamuan minum teh para raja dan diekspor ke seluruh dunia
itu kini dapat dinikmati semua kalangan masyarakat Indonesia. Inilah yang
menghasilkan cita rasa khas teh Javana
Menyasar seluruh segmen
dengan segala usia seperti segmen youth, profesional muda, dan keluarga. Teh
Javana memilih melakukan pendekatan awal
kepada segmen youth. Untuk itu, Teh Javana menggelar program bertajuk “Gebyar
Teh Javana Kebanggaanku”. Pada rangakaian kegiatan itu, Teh Javana menggandeng
sejumlah komunitas. Di antaranya, Komunitas Historia Indonesia lewat talkshow
tentang Potensi Indonesia Mendunia, Komunitas iPhonesia lewat workshop Smartphonegraphy,
dan talkshow Comic Javana dengan Komunitas re:ON Comic. Selain itu, Teh Javana
juga massif melakukan pendekatan ke mahasiswa lewat program roadshow workshop
jurnalistik di delapan kampus di Jakarta.
Teh
Javana juga menggelar kampanye ‘Mana Indonesiamu’ lewat kontes digital.
Kampanye “Mana Indonesiamu” adalah gerakan untuk mengajak Javanatics mereka
yang berpartisipasi untuk mengumpulkan cerita, tulisan, quote, foto, video dan
segala bentuk ungkapan positif lainnya mengenai potensi Indonesia yang tanpa
disadari telah diakui dunia Internasional selama ini.
Pasar minuman siap saji
sendiri terbagi dari tiga segmen, volume 500 milimeter, 350 milimeter dan 200
milimeter. Namun dari ketiga segmentasi tersebut segmen 350 milimeter yang
dinilai paling gemuk. Pemainnya berjumlah 12 merek, jauh lebih banyak dibandingkan
segmen 500 milimeter (sembilan merek) dan segmen 200 milimeter (tiga merek).
Walaupun usia Teh Javana ini masih terbilang sangat
muda, namun dalam perkembangannya Teh Javana mampu melaju dengan pesatnya.
Banyak faktor yang menyebabkan laju pertumbuhan Teh Javana, seperti kebutuhan
masyarakat akan minuman yang segar dan berkualitas, cara pemasaran Teh Javana
yang sangat menyentuh rasa bangga kita akan
budaya dan potensi yang ada di Indonesia, dan juga pendistribusian Teh Javana
yang masuk dalam ‘kandang’ yang banyak sekali ‘pemainnya’.
Teh Javana dibanderol dengan harga pasar Rp 3.000
untuk area di Pulau Jawa dan secara berkala telah didistribusikan ke seluruh
Indonesia. Dengan pemanfaatan teknologi dan sumber daya dari hulu ke hilir,
efisiensi produksi pun dapat tercipta
sehingga produk WIngs Food ditawarkan dengan harga yang terjangkau.
2.2
Segmentasi pasar
Segmentasi adalah upaya memetakan atau pasar dengan
memilah-milahkan konsumen sesuai persamaan di antara mereka. Pemilahan ini bisa
berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara
mereka mengkonsumsi produk. Variabel utama segmentasi adalah: Segmentasi
Geografis, Segmentasi Demografis, dan Segmentasi Psikografis :
1.
Segmentasi
Geografis : Pada segmentasi geografis ini produk teh Javana terdapat di berbagai tempat di Indonesia. Kita dapat
menjumpai produk Teh Javana tidak hanya di perkotaan tetapi juga di pinggiran
kota bahkan produk Teh Javana sudah sampai
di pedasaan.
2.
Segmentasi
Demografis : Pada segmentasi demografis dapat berupa umur, jenis kelamin,
keluarga, pekerjaan, dan pendapatan. Produk Teh Javana dapat ditujukan untuk
semua kalangan, jenis kelamin, dan usia. Baik 10 wanita maupun pria dapat mengkonsumsi
produk Teh Javana. Setiap kalangan usia juga dapat mengkonsumsi Teh Javana,
kecuali kalangan usia bayi.
3.
Segmentasi
Psikografis : Pada segmentasi psikografis produk teh javana yaitu segi
lifestyle, target audience-nya adalah masyarakat yang aktif, dinamis, dan
memiliki mobilitas yang tinggi dan membutuhkan kepraktisan dalam mengkonsumsi
minuman yang baik dan sehat untuk tubuh.
2.3 Sasaran Pasar
Pasar Sasaran (Target pasar) pada produk Teh Javana dapat kita lihat
berdasarkan iklan dan promosi dari produk tersebut. Dapat kita lihat bahwa
untuk saat ini target pasarnya cenderung kepada mahasiswa yang aktif dan
dinamis. Hal ini dapat terlihat dari gerakan kampanye Mana Indonesiamu yang
dilakukan disaat launching hingga sekarang telah mendapatkan respon positif.
Selain itu iklan Teh Javana lebih menekankan pada kekayaan alam
Indonesia dalam hal ini yang disoroti adalah hasil perkebunan teh sehingga
banyak menonjolkan bahwa produk tersebut diperuntukkan kepada masyarakat
penikmat teh dalam negeri sehingga menumbuhkan rasa bangga pada negeri sendiri.
Dari segi lifestyle, target audience-nya adalah masyarakat yang aktif, dinamis,
dan memiliki mobilitas yang tinggi dan membutuhkan kepraktisan dalam
mengkonsumsi minuman kemasan dengan kualitas terbaik
BAB III
PENUTUPAN
3.1 Kesimpulan
Dengan persaingan pasar yang
semakin ketat pemilihan segmentasi pasar dan penentuan sasaran pasar sangat
berperan sekali dalam proses penjualan
produk. Hal ini juga sangat diperhatikan pada Teh Javana. Dapat kita
ketahui bahwa teh javana merupakan
produk teh siap saji yang baru dirilis akhir tahun 2014.
Segmen yang dituju oleh Teh
Javana adalah semua kalangan baik segala umur, jenis kelamin, segala profesi
dan seluruh lapisan masyarakat. Dengantagline “Cita Rasa Teh Indonesia” mampu
menarik hati penikmat teh untuk mengkonsumsinya.
Promosi yang dilakukan untuk
membidik pasar (target pasar/pasar sasaran), Teh Javana menggelar kampanye
“ManaIndonesiamu” yang bertujuan untuk mengenalkan potensi dan kekayaan
Indonesia kepada dunia. Kampanye “ManaIndonesiamu” adalah gerakan untuk
mengajak masyarakat untuk mengumpulkan cerita, tulisan, quote, foto, video dan
segala bentuk ungkapan positif lainnya
mengenai potensi Indonesia yang tanpa disadari telah diakui dunia Internasional
selama ini.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar